Bismillahirrahmanirrahim...

Pavel Itkin, seorang fotografer berhasil masuk secara diam-diam ke sebuah pabrik pembuatan tank di Ukraina. Ia berhasil mengabadikan foto-foto yang luar biasa dari 'kuburan' tank, rumah bagi ratusan tank yang ditinggalkan.

Beratus-ratus tank dibiarkan berkarat begitu saja. Mesin pembunuh ini tertidur di sebuah depot rahasia di kota Kharkiv, wilayah yang berbatasan dengan Rusia yang berjarak sekitar 20 kilometer.



Bagi Itkin bukanlah sesuatu hal yang mudah untuk menemukan gudang bagi ratusan tank yang tersembunyi ini. Ia membutuhkan waktu sekitar 1 bulan untuk menemukan lokasi tersebut. Dia pun harus menyelinap diam-diam dikarenankan tempat itu selalu dijaga dan diawasi.

"Daerah tersebut selalu dijaga, namun saya beruntung ketika sampai di sana tidak ada orang. Bayangkan ada lebih dari 400 tank di satu tempat," ucap Itkin.



Depot tank tersebut ditinggalkan begitu saja setelah jatuhnya Uni Soviet pada tahun 1991. Pabrik tersebut dikhususkan untuk perbaikan dan memodernisasi tank, khususnya untuk tipe T-64, T-72, T-80.



Tank-tank tersebut merupakan tank dipakai Uni Soviet pada tahun 1960an dan 1970an. Kini sisa-sisa kejayaan rusia itu hanya terlihat bagaikan kuburan massal tank. Pihak Ukraina sendiri tidak memiliki cukup dana untuk menjalankan pabrik pembuatan dan perbaikan tank tersebut.

2 komentar Blogger 2 Facebook

  1. Biar udah jadi kuburan dan gak terpakai tapi kesan menyeramkannya masih terasa banget ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo menurut ane malah sereman sekarang. berasa horror banget.. [-(

      Delete

 
Mokasih Info © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top