Bismillahirrahmanirrahim....

Akhir-akhir ini semakin banyak yang menaruh minat untuk melakukan pendakian gunung, terutama setelah boomingnya film 5cm yang membuat banyak orang berbondong-bondong mendaki gunung. Namun adakalanya bagi yang baru pertama kalinya sering bingung apa yang harus dibawa dan dipersiapkan saat mendaki. Nah, kali ini, ijinkan saya share sedikit artikel mengenai "7 Tips Mendaki Gunung Untuk Pemula".

Banyak yang harus kita persiapkan saat akan mendaki gunung. Apalagi bagi anda yang baru pertama kalinya, silahkan baca dulu tips-tips berikut ini demi keselamatan dan kenyamanan anda saat mendaki. Cekidot!




7 Tips Mendaki Gunung Untuk Pemula

1. Siapkan Fisik Anda


Paling penting. Anda harus melatih fisik anda untuk menghadapi faktor kelelahan. Saat mendaki gunung, anda harus berjalan jauh dan terkadang juga menghadapi berbagai perubahan cuaca yang ekstrem. Jangan sampai anda kelelahan apalagi jatuh sakit saat mendaki. Lakukan olahraga terutama lari secara teratur seminggu sebelum mendaki agar badan anda terbiasa.

2. Cari Teman Seperjalanan


Bagi anda yang belum berpengalaman mendaki, sangat tidak disarankan untuk mendaki sendiri. Minimal anda harus mendaki bertiga. Ajaklah 2 orang lagi entah teman atau keluarga. Hal ini untuk mengantisipasi jika terjadi sesuatu pada salah satu pendaki, maka masih ada yang menjaga saat yang lain mencari bantuan.

3.  Gali Informasi


Cari informasi sebanyak mungkin tentang gunung yang akan didaki. Anda bisa bertanya kepada yang sudah berpengalaman ataupun searching di google. Disarankan bagi anda yang masih pemula untuk memilih gunung yang landai dan memiliki trek yang mudah. Gali info terkini mengenai kondisi gunung, cuaca, kemungkinan untuk didaki atau tidaknya dan lain-lain.

4. Siapkan Konsumsi yang Cukup


Anda harus pintar dan bijak dalam membawa makanan saat mendaki. Jangan terlalu banyak membawa mie instan dikarenakan akan sulit menemukan air untuk memasak dan juga suhu dingin akan membuat memasak sangat lama. 

Disarankan untuk membawa Roti atau nasi dengan lauk kering seperti abon, tempe atau yang lainnya. Untuk mengantisipasi nasi yang cepat basi, anda bisa menggantinya dengan lontong atau ketupat dan dibungkus sedemikian rupa agar lebih awet.

5. Persiapan Menghadapi Cuaca


Bawalah jaket tebal, syal, topi dan juga kaos kaki tebal untuk menghadapi udara dingin saat mendaki. Selain itu, disarankan juga untuk membawa sunblock untuk menghindari kulit terbakar karena sinar matahari. Anda akan dihadapkan dengan sengatan terik matahari saat kabut hilang.

Untuk membantu anda mengusir dingin saat tidur, persiapkan juga kantong tidur yang cukup tebal. Jika anda membawa tenda, usahakan anda sudah belajar dengan baik cara memasang tenda yang baik dan benar.

6. Obat dan Alat P3K


Terkadang obat dan alat P3K seringkali dianggap sepele dan ditinggalkan begitu saja. Padahal termasuk hal yang penting saat anda mendaki. Minimal, bawalah Paracetamol, obat diare dan betadine. Selain itu jangan lupakan jua untuk membawa tisu basah yang berguna saat anda BAB.

7. Perlengkapan Mendaki


Banyak perlengkapan mendaki yang wajib dibawa seperti sleeping bag, ponco, matras, senter dan baterai, tenda, pisau saku. Lalu,korek api dalam wadah tahan air, tali plastik (10 meter), kompas dan peta, jangan lupa walkie talkie dan handphone untuk berjaga-jaga dalam keadaan darurat, kompor dan juga perlengkapan pribadi lainnya seperti baju, pakaian dalam serta celana secukupnya.

Pilih barang yang berfungsi ganda untuk meringankan beban. Gunakan tas khusus mendaki yaitu keril untuk membawa semua perlengkapan, karena tidak hanya kuat tetapi keril mengutamakan kenyamanan dan keselamatan saat memikul beban yang berat pada saat mendaki.

Kenakan pakaian yang nyaman saat mendaki. Disarankan untuk memakai celana model cargo yang selain nyaman juga mempunyai banyak kantong untuk menyimpan barang-barang kecil.

Jangan lupa untuk membawa kantung plastik, hal yang sederhana tetapi sangatlah penting. Kantung plastik berguna untuk membawa baju kotor atau basah dan juga untuk membawa sampah. Ingat, jangan mengotori gunung dengan meninggalkan sampah saat mendaki. Bawa turun sampah dan jangan ditinggal begitu saja di gunung.


Demikian artikel yang bisa saya share mengenai 7 Tips Mendaki Gunung Untuk Pemula. Semoga bermanfaat bagi anda yang berminat untuk mendaki gunung. :)

2 komentar Blogger 2 Facebook

 
Mokasih Info © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top