Bismillahirrahmanirrahim...

Saat kita tidur, kondisi tubuh  akan kehilangan kesadarannya dan beristirahat total. Namun terkadang tubuh kita sudah beristirahat namun otak kita belum atau malah sebaliknya. Hal ini yang terkadang menjadikan kita sering melakukan atau merasakan hal-hal yang aneh saat tidur. Akan tetapi hal itu tidak perlu menjadikan anda terlalu khawatir karena sangatlah lumrah terjadi.

Nah, apa saja Hal Aneh Yang Sering Terjadi Saat Tidur? Penasaran? Silahkan simak ulasannya di bawah ini. Cekidot!


1. Bicara Dalam Tidur (Mengigau)


Menurut survey dan penelitian dari American Academy of Sleep Medicine, sebanyak 5% dari orang dewasa yang tidur akan mengalami yang namanya mengigau (jawa: ngelindur). Rata-rata berbicara dalam tidur ini hanya terjadi sekitar 30 detik. Hal ini biasa terjadi di sepuluh atau dua puluh menit pertama saat tidur yang mana pada saat itu otot pita suara masih memiliki "sisa" tenaga untuk bersuara.

2. Hypnic Jerk (Merasa Terjatuh)



Pernah nggak saat mulai terlelap tidur tiba-tiba merasa tubuh seperti akan terjatuh atau terpeleset? Kondisi ini terjadi saat tubuh kita baru dalam proses memulai dan mencoba untuk tidur, namun pikiran sudah masuk ke alam mimpi. Biasanyakita mengalami Hypnic Jerk saat kondisi tubuh terlalu lelah, kurang tidur, dan juga karena stres.

3. Sleep Paralysis (Tindihan)


Nah, kalo yang satu ini adalah kebalikannya dari Hypnic Jerk. Sleep Paralysis atau kita biasa menyebutnya dengan tindihan/ketindihan adalah kondisi dimana saat bangun tidur tubuh tidak bisa digerakkan dan tidak bisa berbicara selama beberapa saat. Banyak yang mengait-ngaitkan ini dengan hal-hal mistis seperti ditindih setan atau yang lain. Namun sebenarnya ada penjelasan ilmiahnya. Sleep paralysis terjadi karena otot yang mengontrol napas masih mengalami paralisis. 

4. Mimpi yang Berulang


Mimpi merupakan salah satu cara otak untuk mengolah dan mengevaluasi sesuatu hal untuk dijadikan memori di dalam otak kita. Secara psikologis mimpi yang berulang bisa terjadi karena otak mencoba untuk melakukan problem solving untuk masalah yang belum selesai di dalam mimpi.

5. Sindrom Kepala Pecah


Pernah nggak saat baru jatuh tertidur anda tiba-tiba terbangun dan mendengar suara yang sangat keras, seperti letusan dan kilatan cahaya yang memberikan sensasi kepala pecah? Saat mengalami kondisi ini, kepala tidak pecah dalam arti sebenarnya. Sebaliknya, ini adalah kondisi yang hampir sama seperti hypnic jerk. Tubuh belum sepenuhnya beristirahat, sedangkan otak sudah.

6. Berjalan dalam Tidur


Kondisi berjalan dalam tidur adalah akibat aktivitas otak yang cukup untuk menggerakan tubuh namun tidak mampu membangunkan otak. Hal yang satu ini bisa jadi berbahaya. Pasalnya anda bisa menginjak benda tajam, keluar rumah tanpa anda sadari bahkan bisa mengendarai mobil! Woow... Dibutuhkan terapi bagi yang mengalami masalah berjalan dalam tidur yang sudah akut.

7. Seksomnia (Seks Saat Tidur)


Seksomnia adalah kondisi dimana anda memuali seks dengan pasangan saat anda tertidur. Seks saat tidur ini hampir sama dengan berjalan saat tidur dimana energi tubuh mampu untuk menggerakan tubuh dan membangkitkan hasrat seks namun belum cukup mampu untuk membangun kesadaran.


Nah, demikian akhir postingan saya tentanh "Hal Aneh Yang Sering Terjadi Saat Tidur". Pernah juga kah terjadi kepada diri anda? :)


5 komentar Blogger 5 Facebook

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul nich artikel, saat masih sekolah sd saya ketiduran di rumah tetangga ee... bangunnya saya kaget lo kok bisa pindah kerumah??? siapa yg gotong??? saya tanya ke orang disana TERNYATA saya BERJALAN sambil mata terpejam.. he...he...he... pengalaman yg LUAR BIASA.
      SALAM KENAL....!
      mohon berkunjung ke blog kami donk....!!!! www.fatholla.blogspot.com

      Delete
    2. hahaha,,,oke mas... oya, jgn sertakan live link karena otomatis akan terhapus.. :)

      Delete
  2. aku yang 1-4 sering banget nih, kakak.... terutama yang mengigau,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling seru itu kalo mimpinya bisa bersambung. udah berasa kaya di sinetron.. :>)

      Delete

 
Mokasih Info © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top