Bismillahirrahmanirrahim...

Siapa yang tidak tahu Google Search? Mesin pencari paling populer di dunia ini memang sangat membantu kita. Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa dengan adanya Google Search menjadikan kita lebih mudah dalam mencari sesuatu, mulai dari artikel, lagu, film dan masih banyak yang lainnya. 

Namun tahukah anda bahwa ada beberapa cara menggunakan Google Search agar pencarian mendapatkan hasil efektif dan maksimal? Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan sedikit share mengenai 'Cara Menggunakan Google Search'. Silahkan simak ulasannya di bawah ini. Cekidot!


Cara Menggunakan Google Search

Cara Menggunakan Google Search

1. Tanda Petik (" ")
Anda bisa menggunakan tanda petik untuk melakukan pencarian sebuah kata tertentu atau mencari sekelompok kata. Misalnya, saat anda melakukan pencarian terhadap lirik dari sebuah lagu.


2. Tanda Garis/Pemisah (-)
Jika anda ingin tidak mengikutsertakan sebuah kata dalam pencarian (pengecualian), gunakan tanda garis/pemisah sebelum kata tersebut. Misalnya jika anda mengetik pencarian "Kijang", maka yang tampil adalah kijang sebagai merk mobil. akan tetapi jika anda mengetik dalam kotak pencarian "Kijang -mobil", maka hasil yang tampil adalah sesuatu yang bernama Kijang kecuali merk mobil.


3. Tanda Gelombang (~)
Kebalikan dari kegunaan tanda garis/pemisah, tanda gelombang (~) dipakai untuk mengkhususkan pencarian dalam suatu kategori. Misalnya hasil pencarian "Kijang ~mobil". Maka yang muncul adalah mobil dengan merk kijang.


4. Site:
Tambahkan "site:" sebelum alamat website, jika anda ingin melakukan pencarian spesifik dari suatu website. Artinya hasil yang tampil hanyalah dari website itu sendiri beserta halaman-halamannya. 


5. Link:
Penggunaan "Link:" sebelum alamat website berguna untuk mencari situs-situs yang berhubungan dengan alamat website yang kita cari.


6. Related:
Penggunaan "Related:" bertujuan untuk mencari website-website sejenis dan memiliki kesamaan dengan website yang kita cari. Contoh pencarian related:detik.com


7. Dua titik (..)
Gunakan Dua titik diantara dua angka untuk menunjukkan sesuatu hal dalam suatu rentang waktu, pengukuran, atau harga. Contoh pencarian film dalam rentang waktu tahun 1990 sampai 2010.


8. Menyisipkan Kata "in" untuk Konversi
Cara cepat untuk mengkonversi, anda cukup menyisipkan kata "in" di antara dua jenis pengukuran. Misalnya, 50 kilograms in pounds.


9. "filetype:"
Tambahkan "filetype:" untuk melakukan pencarian berdasarkan tipe filenya. Sebagai contoh, novel indonesia filetype:pdf.


10. Menghitung
Anda juga bisa menghitung cepat di google, Cukup anda ketikkan saja persamaannya dan gunakan tanda kurung jika perlu.



Demikian artikel yang bisa saya sampaikan mengenai 'Cara Menggunakan Google Search'. Semoga bisa bermanfaat untuk anda. :)



0 komentar Blogger 0 Facebook

Post a Comment

 
Mokasih Info © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top